Hindari Macet Warga Jakarta utara mengandalkan perahu eretan

Hindari Macet Warga Jakarta utara mengandalkan perahu eretan

Jakarta Utara,updatedaerah.com – Selamat datang di website resmi portal berita yang seputar perkembangan sebuah daerah dari seluruh indonesia. Updatedaerah.com akan memberikan kalian informasi seputar daerah daerah di indonesia yang salah satunya mungkin akan memuat informasi seputar daerah tempat tinggal kalian.

Updatedaerah memiliki komitmen untuk menghadirkan informasi terbaru dari seluruh daerah di indonesia dengan informasi yang akurat serta berbagai sumber terpecaya. Dan juga konten yang disajikan untuk kalian juga akan dibuat secara fresh dan akan memudahkan dalam mendapatkan informasi yang kalian inginkan.

Pada kesempatan kali ini updatedaerah.com akan memberikan kalian informasi terbaru seputar kejadian dan peristiwa yang terjadi di daerah jakarta utara dalam beberapa waktu ini. Untuk itu jangan sampai kalian lewatkan informasi terbaik dari updatedaerah.com dan simak artikel ini sampai habis.

Hindari Macet Warga Jakarta utara mengandalkan perahu eretan

jakarta utara

Jakarta utara, updatedaerah.com – Berbagai moda transportasi umum sudah disediakan oleh pemprov DKI Jakarta untuk mempermudah transportasi bagi masyarakatnya. Namun saat ini banyak dari masyarakat yang enggan untuk memakai moda transportasi tersebut dan lebih menggunakan kendaraan pribadi mereka sendiri. Dengan menggunakan kendaraan pribadi dinilai masyarakat lebih efektif dan efisien dalam menghemat waktu apalagi jika menggunakan kendaraan roda dua.

Tertarik membaca : Jawa Barat

Transportasi umum modern yang ada dijakarta saat ini dinilai oleh masyarakat belum efektif pemberlakuannya. Masyarakat yang ingin menggunakan berbagai fasilitas transportasi publik tersebut tak jarang masih harus berdesakan bahkan harus rela mengantre panjang untuk menaikinya. Oleh karena itulah banyak masyarakat DKI jakarta khususnya warga jakarta utara masih menggunakan kendaraan pribadi mereka. Sebagai alat untuk beraktivitas sehari hari.

Berbagai cara mereka lakukan agar bisa efektif dalam memangkas waktu untuk mencapai tempat kerja ataupun tujuannya. Ada yang sudah mulai berangkat dari subuh saat matahari belum muncul sehingga lalu lintas tidak terlalu ramai. Atau bahkan memanfaatkan berbagai jalur alternatif sebagai solusi untuk menghindari macet kota jakarta yang sangat luar biasa. Ada satu cara unik yang dilakukan oleh masyarakat jakarta utara yaitu dengan memanfaatkan aliran kali cagak. Cara yang dilakukan yaitu dengan memanfaatkan perahu eretan yang dikelola oleh warga sekitar.

Transportasi tradisional yang sangat bermanfaat bagi masyarakat

Untuk menanfaatkan cara ini kalian harus melewati gang sempit terlebih dahulu. Pasalnya lokasi kali cagak ini berada persis di bawah Tol Sedyatmo arah bandara internasional soekarno hatta. Informasi tambahan bahwasannya cara ini hanya diperuntukan untuk kendaraan roda dua seperti sepeda motor ataupun sepeda. Menurut laporan tim updatedaerah.com saat sampai di lokasi perahu ini sudah terdapat beberapa sepeda motor yang antre untuk bersiap naik ke atas perahu. Nantinya perahu eretan ini akan menyeberangkan masyarakat dari kapuk muara jakarta utara menuju ke wilayah Pantai Indah Kapuk.

Jalanan untuk menuju ke transportasi tradisional ini pun tidak terlalu bagus. Masih sangat banyak jalanan yang rusak dan bergelombang harus di lewati oleh para pengendara motor dan harus berhati hati dan menundukkan kepala saat melewati kolong tol Sedyatmo jakarta utara. Terdapat sebuah beton yang membatasi kali cagak dengan daratan. Untuk melewatinya pengelola sudah menyiapkan jembatan kayu untuk mempermudah pengendara motor mencapai perahu.

Perahu eretan sendiri merupakan moda transportasi tradisional yang berukuran 2×10 meter dengan kapasitas dari perahu yang mampu mengangkut sekitar 10-13 sepeda motor beserta dengan pemilik dan penumpangnya. Dalam waktu sekitar 2-3 menit sekali perahu ini akan kembali menjemput para pengendara yang ingin menyeberangi kali cagak dari kapuk muara menuju pantai indah kapuk ataupun sebaliknya.

Dibutuhkan tenaga ekstra untuk mengoperasikan perahu eretan

Untuk menyeberangi kali cagak, pengelola membentangkan tali tambang besar yang memiliki panjang sekitar 20-30 meter untuk menghubungkan sisi kapuk muara dan sisi pantai indah kapuk. Kemudian para ojek eretan, sebutan untuk orang yang menarik perahu. Akan menarik tambang beserta perahu dan seluruh penumpangnya untuk sampai ke sisi tujuan. Tentu aktivitas ini bukanlah hal yang mudah dan sangat menguras tenaga para ojek eretan.

Bahkan untuk menjadi ojek eretan pun harus memiliki pengalaman dan skill khusus karena saat menyeberangkan perahu eretan. Angin yang bertiup kencang dan arus kali cagak akan membuat kapal bergoyang. Sang ojek eretan haruslah bisa menjaga keseimbangan agar perahu bisa menyeberang dengan aman dan selamat.

Saat tiba di sisi tujuan. Para pengendara sepeda motor akan membayarkan ongkos perahu eretan yang berkisar sekitar Rp 2.000 – Rp 3.000/ motornya. Menurut beberapa pengendara sepeda motor menggunakan transportasi tradisional ini bisa menghemat waktu mereka hingga sepuluh menitan. Menghindari macet parah yang sering terjadi di lalu lintas kapuk muara menuju pantai indah kapuk.

Perahu eretan sudah hadir di jakarta utara sejak tahun 80-an

jakarta utara

Jakarta utara,updatedaerah.com – Menurut salah satu warga sekitar perahu eretan sudah beroperasi di kali cagak Jakarta utara sejak tahun 1980-an dan masih bertahan hingga saat ini. Tambahnya jasa perahu eretan sudah lama banget ada dari saya masih kecil kurang lebih tahun 80-an lah. Imbuhnya

Kemudian salah satu warga juga mengatakan para pengelola dari jasa perahu eretan ini merupakan satu keluarga yang lintas generasi. Dalam artian pengelola jasa perahu ini sudah turun temurun dari orang tuanya. Kemudian diturunkan ke anak anaknya hingga mengajak saudara lainnya yang masih memiliki hubungan darah untuk mengelola jasa ini.

Transportasi tradisional jakarta utara yang dikelola secara turun temurun

Jasa perahu eretan ini masih sangat diminati oleh masyarakat jakarta utara khususnya para pengendara sepeda motor yang ingin menghemat waktu perjalanan dari kapuk muara menuju pantai indah kapuk jakarta utara ataupun sebaliknya. Dibutuhkan tenaga yang lumayan besar untuk mengoperasikan perahu ini. Untuk itulah para ojek eretan akan bergantian dalam menarik perahu ini. Biasanya mereka akan saling bertukar saat 2 jam sekali untuk beristirahat sejenak.

Pada saat hari kerja pun perahu eretan yang dipakai untuk menyeberangkan para pengendara motor berjumlah dua perahu sekaligus. Karena banyaknya para pengendara motor yang ingin menggunakan jasa transportasi tradisional ini.

Menurut beberapa pengendara sepeda motor. Jasa Transportasi perahu eretan ini sangat bermanfaat sekali. Selain menghemat waktu perjalanan mereka, menggunakan perahu eretan pun akan menghemat sejumlah bensin kendaraan.

Baca juga : Jakarta pusat

Perlu diketahui bahwasannya sepanjang jalan teluk gong menuju pantai indah kapuk setiap harinya akan sangat macet. Apalagi saat jam kerja bahkan bisa menghabiskan waktu yang lama apabila sudah terjebak macet di kawasan tersebut. Sehingga para pengendara sepeda motor khususnya para pekerja yang ingin cepata sampai ketujuan pasti akan memanfaatkan moda transportasi tradisional perahu eretan di kali cagak jakarta utara.

Berikut adalah beberapa informasi mengenai updatedaerah seputar wilayah jakarta utara. Berbagai informasi menarik lainnya masih akan kami suguhkan untuk kalian. Untuk itu jangan lewatkan informasi terbaru lainnya dari updaerahdaerah.com.